Sabtu, 08 November 2008

Kulit-kulitnya aja dulu...

Hampir di setiap daerah di Indonesia ini pasti ada orang Batak. Entah itu orang batak "asli" atau orang batak "campuran" atau juga batak-batakan...he..he.. peace ^_^

Setahuku, budaya Batak itu punya banyak kelebihan dan kekhasan, makanya bisa bertahan dimanapun berada...mmm...emang iya ya.. Bahkan kalo dianalisa lebih lagi sepertinya orang Batak pasti ada di berbagai belahan dunia ini. Seorang rekan mengatakan bukan tidak mungkin seorang Batak bisa jadi presiden di Amerika. Mengingat pengalman sir Barrack Obama tentunya, yang baru terpilih jadi presiden di sono.

Pernahkah berpikir mengapa orang Batak bisa se survive itu? Nah...mungkin kita bisa belajar lebih lagi soal budaya suku yang satu ini. Secara umum ada banyak hal yang bisa dipelajari dari orang Batak dengan budayanya. Tahukah anda bahwa suku Batak ini adalah salah satu suku yang memiliki aksara sendiri diantara sedikit suku di Indonesia yang memiliki aksara sendiri?

Nenek moyang orang Batak juga adalah orang-orang yang kreatif dengan sense seni yang tinggi, ini bisa kita lihat dari beragam peralatan, perhiasan maupun perlengkapan lainnya yang digunakan dalam ritual-ritual maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Orang Batak juga punya sistem kekerabatan dan sistem masyarakat yang kaya dan boleh dikatakan cukup complicated. Selain ritual adat yang sangat komprehensif, juga ritual magis yang sangat diyakini merupakan bagian dari kehidupan yang harus dijalani.

Berbicara soal orang Batak, mungkin tidak ada habis-habisnya. Karena selain suku Batak punya 6 sub-suku yang berbeda dengan keunikannya masing-masing, orang Batak juga punya beragam karakter unik. Inilah yang membuatku bangga menjadi seorang boru Batak.

Seorang teman berkarya untuk mengenalkan budaya Batak melalui sketsa-sketsanya. Tentu saja ini juga adalah wujud kepeduliannya bagi sukunya. Thank to you de yang udah mau share hasil karyanya. Just check this out........Sketsa Budaya

Inginnya sih..suatu hari bisa berkolaborasi dengan beliau untuk menampilkan budaya Batak secara utuk namun yah...berhubung beliau sekaran masih berkutat dengan finishing akhir studynya so..mungkin dipending dulu aja kali.

Satu lagi linkage menarik yang bisa anda browse adalah tbsilalahicenter.org. Ini adalah sebuah web yang menampilkan profil sebuah yayasan yang concern dengan pelestarian budaya Batak.

Dalam posting-posting berikutnya saya akan berusaha untuk selalu membagikan apa yang saya tahu tentang Batak dan orang-orangnya. Wish me luck ya....







Tidak ada komentar: